oleh

Respon Cepat Anggota Babinsa Sumber terhadap Aduan Munculnya Ular Kobra

Ular Kobra Muncul di Sumber Kurang Lebih 800 meter dari Rumah Jokowi

Surakarta, HarianSoloRaya – Ular-ular kobra dilaporkan ditemukan di permukiman warga di RT 02/07 Sumber, Banjarsari, Surakarta. Rumah warga itu lokasinya kurang lebih 800m dari rumah kediaman Jokowi di Solo.

Ketika media investigasi ke lokasi telah ditangkap anak ular kobra sebanyak 16 ekor yang sudah di buang dan masih tersisa 2 ekor anakan kobra. Tempat di tangkapnya anakan ular kobra ada di rumah Kito pemain sepak bola yang bermain di klub Persita Tangerang.

Akhirnya warga melaporkan kejadian itu ke Danramil Banjarsari Kapten Paidi yang langsung di respon dan menugaskan Serma Syamsul dan Serda A Narmin untuk cek lokasi.

“Kami akan koordinasinakan dan laporkan  dengan pihak terkait untuk atasi kemunculan anakan ular kobra karena sudah mengganggu warga,” Ungkap Syamsul.

Sementara itu 2 anakan ular kobra yang tersisa di bawa untuk laporan kebenaran munculnya ular kobra di wilayah Sumber, Banjarsari, Surakarta.

Mengapa Ular Kobra Tiba-tiba Muncul di Mana-mana ?

“Teror” ular kobra tengah terjadi di sejumlah daerah. Ular kobra yang jumlahnya bahkan ada yang mencapai puluhan, membuat warga resah. Seperti yang terjadi di Sumber, Banjarsari, Surakarta.

Induk kobra bertelur 12-20 butir Munculnya banyak ular kobra salah satunya karena induk kobra saat bertelur bisa mencapai 12-20 butir telur. Telur-telur tersebut akan menetas dalam rentang waktu 3-4 bulan. Telur kobra juga tidak diletakkan di sarang layaknya telur ayam.

Telur ular kobra biasanya diletakkan di atas tanah, di lubang-lubang, atau di bawah serasah atau tumpukan ranting/sampah. Untuk menetaskan telurnya, induk kobra membutuhkan suhu yang lembab. Jika panas, telur akan kering. Pada periode tertentu, induk kobra akan meninggalkan telur-telurnya dan membiarkan telur tersebut menetas sendiri. Begitu menetas, anak kobra akan menyebar ke mana-mana.

Anakan kobra sudah berbisa, masyarakat untuk tak sembarangan dengan ular kobra. Ketika bertemu dengan kobra sebaiknya tidak ditangani sendiri. Anakan kobra sama seperti kobra dewasa, sudah berbisa dan mematikan. Ketika menemukan telur ular kobra, sebaiknya telur-telur tersebut dipindahkan dengan memanggil ahli seperti petugas pemadam kebakaran maupun komunitas ahli ular. Adapun ciri-ciri telur kobra yakni berwarna putih, berbentuk lonjong, memiliki cangkang keras dan ukurannya bervariasi tergantung dari induknya. (Chary86)

SHARE

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI