oleh

Muspika Pracimantoro dan 37 Linmas, Adakan Pelatihan Keamanan Lingkungan

HARIANSOLORAYA.ID, WONOGIRI – Babinsa Kelurahan Gedong melaksanakan Kegiatan pelatihan Penguatan dan peningkatan kapasitas Linmas,  bertempat di Pendopo Balai Kelurahan Gedong  Kecamatan Pracimantoro, yang diikuti 37 orang linmas. Selasa (22/10) Pukul 09.00 hingga 12.00 WIB.

Hadir Tamsis selaku Kepala Kelurahan Gedong  beserta Sekdes Gedong Sucipto S.Sos, Babinsa  Sersan Dua Nardi, Polsek Pracimantoro Aiptu Agus, dan Perangkat Kelurahan Gedong.

Tamsis saat  memberi sambutan menyampaikan, tentang agenda kegiatan pelatihan bagi anggota LINMAS Kelurahan Gedong, dengan mengundang Babinsa Kelurahan Gedong Sersan Dua Nardi.

“Kegiatan ini untuk memberikan pengarahan sekaligus pembekalan materi, sehingga anggota linmas lebih baik, disiplin dan semangat, ” Ungkap Tamsis.

Lebih jauh, Tamsis juga menyatakan Desa Gedong dalam situasi tertib, aman dan kondusif.

“Dengan adanya pembekalan ini diharapkan akan lebih meningkatkan keamanan dan ketertiban di wilayah Kelurahan Gedong, ” Jelasnya.

Sementara Pembekalan materi yang di sampaikan Babinsa Kelurahan Gedong Sersan Dua Nardi mengatakan, fungsi linmas untuk membantu memelihara dan meningkatkan kondisi dan tata tertib di kalangan masyarakat.

“Membantu masyarakat menanggulangi, dan mengurangi akibat yang di timbulkan oleh gangguan keamanan dan bencana alam, yang mengakibatkan kerugian jiwa dan harta benda, ” Urai Babinsa.

Masih apa kata Nardi, pihaknya membantu dan membina masyarakat, untuk mempertinggikan kesadaran hukum, daya tahan serta daya lawan masyarakat dalam mencegah dan menghadapi segala macam pelanggaran dan kejahatan.

“Fungsi linmas juga memberikan perbantuan kepada pemerintah daerah/desa, kepolisian dlm memelihara ketentraman dan ketertiban umum. Perbantuan kepada TNI dlm upaya pertahanan negara dan perbantuan dlm kegiatan sosial kemasyarakatan didesa/kelurahan, ” Tegasnya.

Menurut Nardi, untuk menciptakan ketentraman, ketertiban dan keamanan di lingkungan, Linmas harus bersinergi dengan Babinsa dan Babinkamtibmas melalui koordinasi kepala desa setempat selaku pengendali langsung linmas.

“Melalui pelatihan ini diharapkan satuan Linmas Kelurahan Gedong akan semakin mantap dan menjadi lebih baik, dalam menjalankan tugas taggung jawabnya dalam menjaga stabilitas keamanan lingkungan. Pegang teguh sumpah/ janji linmas di hafalkan dan di pedomani, ” Bebernya.

Ketika mendapat kesempatan anggota Polsek Pracimantoro Aiptu Agus mengutarakan, linmas harus tanggap dan bijak dalam menangani jika di desa / kelurahan, ada suatu yang tidak di inginkan misalnya ada pencurian dan bencana alam, seorang linmas harus berkoordinasi dengan Babinsa /babinkamtibmas agar semua masalah cepat di selesaikan, ” Himbaunya.

Dalam informasi yang di himpun media ini materi yang dilatihkan, yakni Pembekalan dan pengetahuan Satlinmas, selama kegiatan berlangsung dengan  tertib, aman dan lancar. ( Rian )

1
SHARE

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI