oleh

CUCU PAHLAWAN DESA LENGKONG by Zeng Wei Jian

-OPINI-23 views

Tangerang,Hariansoloraya.co.id–The Hero Gene mengalir dalam darah Rahayu Saraswati. Dia cucu keponakan Kapten Anumerta Soebianto Djojohadikoesoemo & Taruna Soejono Djojohadikoesoemo, dua dari 36 Pahlawan Lengkong-Tangerang Selatan.

Kapten Anumerta Soebianto Djojohadikoesoemo adalah adik Prof Sumitro Djojohadikusumo, ayah dari Letnan Jenderal Prabowo Subianto dan kakek Rahayu Saraswati.

Pertempuran Lengkong adalah peristiwa kontak senjata antara Tentara Keamanan Rakyat melawan Pasukan Jepang di Desa Lengkong Serpong pada tanggal 25 Januari 1946.

Mayor Daan Mogot memimpin puluhan taruna Resimen IV TRI melucuti senjata pasukan Jepang di Desa Lengkong.

Letnan Soebianto dan Letnan Soetopo ditugasi memimpin para taruna di luar Markas Militer Dai-Nippon.

Proses perlucutan berlangsung lancar. Namun tiba-tiba rentetan pelor panas dan mitraliur menyergap dari arah tersembunyi. Jepang menyerang. Pertempuran tak seimbang. Tiga perwira dan 33 taruna TRK tewas. Ketiga perwira tersebut adalah Mayor Daan Mogot, Letnan Sutopo dan Letnan Soebianto Djojohadikusumo.

Prof Sumitro mengenang almarhum adiknya. Nama belakang kedua putranya; Prabowo “Soebianto” dan Hashim “Soejono” Djojohadikusumo adalah legacy dari Pahlawan Lengkong itu.

Dari Hashim Soejono Djojoyohadikusumo lahirlah Rahayu Saraswati.

Olivia Efthimiou dari Murdoch University menduga faktor genetik berperan dalam laku pahlawan. Genetic basis for heroism is a real possibility. Seperti fenomena karisma Indira Gandhi 2.0 factor yang turun kepada Priyanka Gandhi Vadra.

Rahayu Saraswati punya kemiripan paras, mannerisms, patriotisme & keberanian Kapten Anumerta Soebianto Djojohadikoesoemo.

Keluarganya mengajarkan ngga ada yang lebi penting dari rakyat dan bangsa Indonesia.

Hari ini Rahayu Saraswati diberi tugas Partai Gerindra mendampingi Muhammad dari PDI-P masuk bursa Pilwako.

Legacy Patriotisme Kapten Anumerta Soebianto Djojohadikoesoemo harus dikenang. Darah Juang yang menghiasi Desa Lengkong diteruskan Rahayu Saraswati. Semoga spirit Para Pahlawan Lengkong, Tiga Perwira dan 33 Taruna, melindungi setiap langkahnya.

THE END

SHARE

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI