oleh

Berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Ham Nomor 10 Tahun 2020 Dan Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor M.HH-19.PK/ 01.04.04, Lapas Kelas IIA Bekasi Akan Bebaskan 200 Orang Napi, Di Luar PP Nomor 99

HarianSoloRaya, Bekasi – Senin 6/4/2020 Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bekasi, Jawa Barat, Perencanaan akan membebaskan 200 Orang Narapidana melalui Program Asimilasi dan Hak Integrasi bagi Narapidana dan Anak, dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Kasi Pembinaan Anak Didik (BINADIK) Lapas Kls IIA Bekasi, Kiki Oditya Hermawarman, mengatakan pembebasan narapidana dalam rangka mencegah Virus Corona tersebut dilakukan berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Ham Nomor 10 Tahun 2020 dan Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor M.HH-19.PK/ 01.04.04, tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak melalui Asimilasi dan Integritas dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Virus Corona atau Covid-19.

Kiki menjelaskan ” dari Tanggal 1 April 2020 sampai Tanggal 4 April 2020 sudah ada sekitar 129 Anak binaan kami disini yang sudah kami bebaskan, dengan cara bertahap.

“Semua baru berjumlah 129 Orang Anak binaan kami yang telah di bebaskan secara bertahap, dan rencananya sampai 200 Orang, dan rata-rata para narapidana ini hukumannya kurang dari lima tahun dan telah melawati setengahnya atau 2/3 masa pindana yang bersangkutan” jelasnya.

Lanjutnya lagi ” Untuk menjaga situasi kondusif, para narapidana yang di bebaskan harus mengikuti beberapa aturan, yakni harus tetap berdiam diri di rumah selama masa darurat Corona, dan merekapun dalam pengawasan Balai Permasyarakatan (BAPAS) yang mengawasi pembinaan di luar lapas dengan wajib lapor atau mengawasi melalui Video Call, karena setiap narapidana yang bebas akan di berikan no Contak BAPAS,” tuturnya.

Kasi BINADIK Kiki Oditya Hermawarman  berharap ” Agar para Anak binaan kami Narapidana yang sudah bebas dapat lebih baik kedepan nya, tetap menjaga kebersihan, tetap diam di rumah, melakukan hal yang positif, tidak kembali lagi kesini dan mendekati diri kepada Tuhan melakukan ibadah, serta Wabah Virus Corona atau Covid-19 cepat berakhir,” pungkas nya. (Jerry)

 

1
SHARE

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI