oleh

Antisipasi Tanggul Jebol, Ini Yang Dilakukan Kodim Sukoharjo

 

Sukoharjo, HarianSoloRaya – Komandan Kodim 0726/Sukoharjo Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa,S.I.P, M.Tr(Han) di dampingi oleh Pasiter Kapten Inf Gasar meninjau lokasi yang akan di tanami akar wangi, Selasa (28/01)

Lokasi penanaman direncanakan di sepanjang tanggul Bengawan Solo yang melintasi wilayah Kodim 0726/Sukoharjo, antara lain di wilayah Kecamatan Sukoharjo, Nguter, Bulu, Tawangsari, Grogol dan Mojolaban. Program penanaman rumput akar wangi sebagai penahan tanah di daerah tanggul sungai yang rawan jebol karena menurut penelitian akar wangi bisa menahan longsor untuk jangka pendek, akar tumbuhan akar wangi bisa menembus bebatuan dan punya kekuatan menahan erosi atau tanah longsor sekuat seperenam kawat baja.

Dengan tanaman ini, Dandim berharap  mampu menahan tanah tanggul agar tidak ambrol. Pasalnya, akar tanaman ini memiliki kekuatan ikat yang cukup baik untuk menahan tanah. “Di tanggul sungai di sepanjang aliran Bengawan Solo ini rawan jebol untuk itu kami berinisiatif untuk membudidayakan tanaman akar wangi ini,” jelas Dandim.

Selain untuk mencegah tanggul jebol tanaman akar wangi ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat disepanjang tanggul karena akar wangi ini salah satu jenis rumput yang memiliki akar wangi yang bisa menghasilkan ekstrak minyak atsiri yang mempunyai nilai ekonomis yang tinggi. (Red)

 

SHARE

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

BERITA TERKINI